Ayat Kursi & Terjemahnya

اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ ج لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ ط لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ قلى مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه ط يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ ج وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ ج وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ ج وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Bahasa Indonesia :
ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA'KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA'LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI'A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL AZHIIM

Artinya :
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255)


Kandungan & Keutamaan Ayat Kursi
Rahasia-Rahasia Keistimewaan, Keutamaan & Mukjizat Ayat Kursi. Banyak hal yang terkandung dalam ayat kursi dan banyak rahasia yang ada di dalamnya. Di sebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah Muhammad Saw,betapa banyaknya manfaat Ayat Kursi, keistimewaannya, khasiat dan mukjizatnya yang di dapat oleh orang yg mengamalkannya. Adalah tidak mungkin kita dapat mengungkap seluruh isi dan kandungannya.

KURSI, MAKNA DAN KEDUDUKANNYA.
Para Ulama memberikan makna “kursi” yang berbeda-beda, tetapi sesungguhnya satu dengan yang lain saling mengokohkan. Ada 4 penafsiran kata “kursi” yaitu :
1. Kursi adalah ruangan besar yang kapasitasnya melebihi langit dan bumi.
2. Kursi adalah pemerintahan, kekuasaan & kerajaan Allah SWT.
3. Kursi adalah ilmu karena ilmu mrupakan bagian dari Sifatullah. Dengan ilmu Allah SWT mengatur makhluk yang diciptakan-Nya.
4. Kursi adalah simbol dari betapa keagungan dan kebesaran Allah ST.
Alhasil dari 4 penafsiran di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ” Kursi merupakan pondasi kebijakan /hukum Allah dan simbol dari kekuasaan-Nya. Dan ayat kursi merupakan ayat yang memberikan petunjuk atas ketuhanan Allah secara mutlak”.

SYAFAAT, MAKNA & KEDUDUKANNYA.
Syafaat artinya pertolongan, oleh karena itu pertolongan secara mutlak milik Allah SWT. Tetapi dengan sifat Rahman dan Rahim-Nya Allah memberikan pertolongan dapat melalui beberapa wasilah diantaranya :
1. Melalui Rasulullah saw, secara khusus Allah memberikan syafaat kepada Rasulullah saw di saat siapapun dan amal apapun tidak berguna bagi seseorang yaitu dihari Yaumil Hisab. Dengan izin Allah Rasulullah saw akan memberikan syafaat kepada umatnya yang punya masalah dan dosa besar.
2. Melalui amal sholeh. Amal yang dikerjakan dengan benar dan ikhlas dapat menjadi penolong di saat seseorang mengalami kesulitan hidup.
3. Melalui zikir dan bacaan. Kalimat thoyyibah, bacaan Al-quran, istighfar, tasbih dan zikir-zikir yang lain akan menjadi penolong di saat seseorang dalam kesulitan, kesedihan dan kekalutan dalam hidup.

KEAGUNGAN KURSI ALLAH SWT.
Rasulullah saw berkata kepada Abu Dzar : Hai Abu Dzar, perbandinagn langit yang tujuh dan bumi yang tujuh dengan ayat kursi itu bagaikan lingkaran yang diletakkan dipadang luas. Bumi dan langit ibarat lingkaran kecil dan ayat kursi adalah padang luas membentang yang tidak berujung. Perbandingan langit yang tujuh di gabung dengan bumi yang tujuh dan kursi disatu sisi dengan Arsyullah disisi lain bagaikan lingkaran dit engah padang luas. Keutamaan Arsyullah dengan Kursi seperti keutamaan padang luas dengan lingkaran kecil.
Imam Ali Bin Abi Tholib berkata “Kursi Allah adalah berlian dan pena (kalam) Allah juga berlian. Panjang pena sama dengan perjalanan 70 tahun dan panjang kursi tidak diketahui kecuali orang-orang yang diberi ilmu”.
Imam As-Suddy berkata :
“Langit dan bumi ada di dalam Kursi yang di dekat Arsy. Para malaikat penjaga Arsy dan malaikat panjaga Kursi terhalang oleh 70 hijab kegelapan dan 70 hijab cahaya. Ketebalan setiap hijab sama dengan perjalanan 500 tahun. Kalaulah tidak ada hijab tersebut maka malaikat penjaga Kursi terbakar oleh cahaya malaikat penjaga Arsy”.
Ikrimah berkata “Matahari merupakan satu bagian dari 70 cahaya Kursi sedangkan Kursi merupakan satu bagian dari 70 cahaya Arsy”.

TURUNYA AYAT KURSI YANG MULIA.
Betapa dahsyatnya mukjizat ayat kursi. Pada saat di turunkan syetan bertabrakan, saling berbenturan karena kepanasan dan kebingungan. Ayat Kursi diturunkan kepada Rasulullah Muhammmad saw pada malam hari. Saat itu juga Rasulullah saw memanggil Zaid Bin Tsabit untuk menulisnya. Di riwayatkan oleh Muhammad Bin Al-Hanafiyah bahwa sesudah ayat kursi turun, seluruh berhala di dunia berjatuhan, seluruh malaikat bersujud, seluruh penguasa menjatuhkan wajahnya ke bumi, mahkota yang tersungging di kepala para pembesar berjatuhan, syetan berlarian kebingungan, bertabrakan, takut dan kepanasan. Kemudian para syetan melapor kepada Iblis memberi tahu keadaan dunia yang menggemparkan. Sang Iblis memerintahkan para syetan untuk mencari tahu apa penyebabnya. Maka para syetan berdatangan ke Madinah dimana Rasulullah saw tingggal disana. Mereka mendapat berita bahwa “Ayat Kursi” telah diturunkan Allah swt dan itulah penyebab utamanya.

DAHSYATNYA AYAT KURSI.
Ayat kursi dimulai dari lafaz Lafdzul Jalalah (Allah) dan diakhiri oleh Sifatullah (Al-’Azhiim). Ini menandakan bahwa kehidupan harus bersama Allah ketika hendak memulai dan mengakhiri sesuatu. Sungguh menakjubkan wahai saudaraku ! betapa dahsyatnya ayat kursi . Seandainya kita dapat bersenyawa dengannya maka ada jaminan oleh Allah SWT tidak ada ketakutan, kegelisahan dan kesulitan.
Berikut takjubnya ayat kursi :
- Saudara akan mendapatkan apa yang saudara inginkan.
- Saudara tidak akan takut miskin karena ayat kursi akan menjadi sumber kekayaan.
- Saudara tidak akan takut kekurangan karena ayat kursi menjadi kecukupan.
- Saudara tidak akan takut musuh karena ayat kursi akan menghadirkan bala bantuan.
- Saudara tidak akan takut sendirian karena ayat kursi akan menjadi teman di manapun.
- Saudara tidak akan takut melarat karena ayat kursi menghadirkan kelimpahan.
Sekarang marilah bangkitkan dan bangun gagasan untuk memperbaiki hidup dan pancangkan semangat untuk merubah nasib dan hidupkan harapan untuk menjadi orang yang berhasil.

PAHALA MEMBACA AYAT KURSI.
Kebanyakan manusia baru percaya setelah melihat fakta. Padahal janji Allah dan fakta kebesaran-Nya tidak selalu selamanya terlihat dengan mata telanjang. Orang-orang yang hebat dan bermartabat tinggi mereka justeru lebih banyak melihat fakta yg sesungguhnya dengan mata hati bukan pandangan mata karena mata hati dijamin kebenarannya. Kelompok inilah yang tahu persis bahwa setiap perbuatan sebenarnya dibalas oleh Allah dengan segera. Abu Abdillah berkata : ” Ayat kursi ini diturunkan oleh Allah Yang Maha Agung. Allah menjadikan pahala ayat kursi bagi yang membacanya. Pahala yang diberikan itu dengan segera dan nanti. Adapun balasan yang disegerakan yaitu bahwa ayat kursi akan menjaga orang yang membacanya dari berbagai macam bencana “.

GUDANG KEKAYAAN ALLAH SWT.
Dari Ibnu Abbas berkata : Adalah rasulullah saw apabila membaca akhir Surat Al-Baqoroh dan ayat kursi selalu tertawa dan beliau bersabda ” Sesungguhnya kedua ayat tersebut merupakan gudang kekayaan Allah Yang Maha Pengasih yang ada di bawah Arsy “. Diriwayatkan dari Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali berkata ” Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi “. Saudaraku sungguh asma-Nya sumber dari seluruh kebaikan. Sifat-Nya adalah samudera akhlak kehidupan seluruh makhluk-Nya. Ada satu ayat dalam Al-Qur’an yang tidak terlalu panjang namun mencakup seluruh asma dan sifat-Nya, dialah Ayat Kursi.
- Saudara jangan bertanya
” berapa luas ayat kursi ” karena luasnya tak bisa dilihat dengan ukuran panjang.
- Saudara jangan bertanya
” apa isinya ” karena isinya tak tertampung oleh langit dan bumi.
- Saudara jangan bertanya
“apa saja khasiatnya” karena khasiatnya luar biasa di sebabkan Rasulullah saw membacanya seumur hidup untuk berbagai masalah.
- Saudara jangan bertanya
“apa saja mukjizatnya” karena para nabi dan rasul, shiddiqin, wali dan juga abdush sholihin telah membuktikan beraneka ragam mukjizat dan keajaibannya.a

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Isi Saran Dan Kritik Anda...