Blue Screen di Instalasi XP untuk Laptop

Blue Screen di Instalasi XP untuk Laptop Compaq Presario CQ40
 
Pada  saat membantu teman menginstall Windows XP di laptop manager perusahaan swsta di Bandar lampung yang mengalami BLUE SSCREEN pada Laptopnya, saya terkaget ketika instalasi akan memasuki layar grafis dari Windows. Berulang-ulang dicoba masih begitu juga. Gonta-ganti CD (kali CDnya yang trouble) masih begitu. Pake CD non bajakan juga sama. Ada apa? Setelah muter-muter kesana kemari ternyata masalahnya adalah master keluarga Windows mulai XP kebelakang tidak support HDD dengan teknologi AHCI.

Terus saya dan teman HTC saya mendapat solusinya,,,,!!!
Windows Vista pada masternya sudah mendukung teknologi AHCI, yaitu semacam teknologi yang berkaitan dengan hard disk ente2 semua. Sementara Windows XP belum mendukung teknologi itu, padahal di lain sisi, para pembeli leptop baru dengan AHCI tersebut banyaaaak yang masih setia dengan Windows XP. Kalo saya survey sebagian teman dan sanak sodara, jawabannya adalah:
1. Windows XP 
2. Vista yang rakus resource dan nakutin bagi yang spec komputernya pas-pasan.
3. Banyak program yang naturenya di XP belum bisa jalan 100% sama baiknya di Vista.

Oalah singkat cerita, dengan berjuta alasan lainnya, POKOKNYA, saya sebagai teman yang baik harus bisa menginstall XP di leptop Manager teman saya yang sepertinya anti-XP tersebut!

Spesifikasi leptopnya adalah HP Compaq Presario CQ40 324TU. Setelah mengeluarkan keringat dingin selama 2 hari (bahkan situs www.hp.com aja gak ngasih clue yang jelas!) akhirnya pencarian saya di Internet terbayar dengan mengikuti petunjuk dari Google (http://kemplangpedes.blogspot.com/2009/06/blue-screen-di-instalasi-xp-untuk.html)
 
Install Windows XP di Compaq Presario CQ40-108TU
Notebook Presario CQ40-108TU adalah salah satu seri yang laris terjual. Notebook ini dibandrol dengan harga yang murah karena dijual tanpa Operating System. Sehingga dari pabrikan tidak didukung dengan OS dan Driver bawaan. Adapun driver yang didukung dalam situs resmi juga hanya tersedia untuk sistem operasi Windows Vista, padahal masih banyak orang yang lebih suka menggunakan Windows XP dibandingkan Windows Vista yang cenderung lebih berat.
Akan tetapi apabila di-install menggunakan Windows XP, saat masuk di lembar deteksi Harddisk.. terjadi bluescreen.. Sebenarnya masalahnya adalah Windows XP SP1/SP2 tidak mengenal AHCI, berarti kita harus membuat CD Instalasi Windows XP ini mengenal IDE/SATA agar bisa diistall Windows XP SP2. Berikut ini cara yang aku coba dan telah berhasil.

Beberapa program yang dibutuhkan :
a.
Microsoft .NET Framework Version 2.0
b.
nLite
c.
ICH9 sata driver
Bila tidak download DISINI
Setelah semua ada, terlebih dulu install Net framework. Setelah selesai install nLite.

Langkah selanjutnya :
1. Masukkan CD Instalasi Windows XP
2. Jalankan nLite



3. Tekan Next..


4. Browse letak CD Instalasi Windows XP (yang terdapat folder i386 didalamnya).
OK,,Buat folder untuk menyimpan hasil konfigurasi contoh "c:\temp"



5. Browse folder yang telah dibuat. OK.. tunggu proses Copy sampai selesai
Proses Copy..




6. Copy selesai.. Next..
 

7. Presets. Next... (mungkin disini membutuhkan waktu lama,,anda bersabar saja,,,maklum waktu percobaan teman ketiduran...!!)


8. Task Selection. Pilih Drivers dan Bootable ISO. Next...
9. Insert. Single driver... Browse cari file "iaAHCI.inf" dari folder hasil ekstrak file "f6flpy32_85.zip" yang telah di download sebelumnya.




10. Hati-hati saat option ini muncul, pilih "ICH9M-E/M SATA AHCI Controller"... OK.. Next..

11. Yes...






12. Next..
13. Pilih Make ISO.. Browse Folder dan Save.... untuk membuat file ISO yang nantinya di Burn ke CD menggunakan Nero Burning dan program sejenis lainnya.
Next untuk Selesai..



 

Selesai proses ini, baru anda bisa mengistal Windows XP di Notebook Presario CQ40-108TU, masalah muncul lagi saat menginstal driver untuk soundcarnya. Driver yang anda butuhkan klik di sini , download agar soundcardnya berfungsi baik.

Selamat mencoba.. 


by : ahmad soni & Team HTC

1 komentar:

Silakan Isi Saran Dan Kritik Anda...